Pengaruh Budaya Organisasi, Komunikasi Interpersonal, Kompetensi Pedagogik, Perilaku Inovatif, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Bahasa Mandarin Sekolah Dasar Swasta di Kota Medan

Romy, Elly (2021) Pengaruh Budaya Organisasi, Komunikasi Interpersonal, Kompetensi Pedagogik, Perilaku Inovatif, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Bahasa Mandarin Sekolah Dasar Swasta di Kota Medan. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM. 8146114002 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM. 8146114002 COVER.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 8146114002 Abstrak.pdf]
Preview
Text
NIM. 8146114002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (840kB) | Preview

Abstract

l')l".nC'litian ini bcrt\ti~nn untuk menemukan dan menganalisis: (l) model kinerja
~um ~ahasa Mandann SD Swasta yang dibangun berdasarkan hubungan kausal
ftS\)Sitif antara vnriabel cksogenus dan variabel endogenus kinerja untuk
diimplementasikan secara adaptif pada SD di Kota Medan~ (2) pengaruh budaya
orga.nisasi terhadap perilaku inovatif guru bahasa Mandarin SD di Kota Medan~ (3)
pengaruh komunikasi interpersonal terhadap perilaku inovatif guru bahasa
1\fandarin SD di Kota Medan; (4) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap
pcrilak-u inovatif guru bahasa Mandarin SD di Kota Medan~ (5) pengaruh budaya
organisasi terhadap motivasi kerja guru bahasa Mandarin SD di Kota Medan; (6)
pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi kerja guru bahasa Mandarin
SD di Kota Medan; (7) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap motivasi ketja
guru bahasa Mandarin SD di Kota Medan; (8) pengaruh budaya organisasi terhadap
kinerj<t gum haha.c;a. Mandarin SD rli Kota. Merlan; (9) pengaruh komunikasi
interpersonal terhadap kinerja guru bahasa Mandarin SD di Kota Meda~ (10)
pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru baha.;aMandarin SD di Kota
Medan, (11} pengaruh perilaku inovatifterhadap kinerja guru bahasa Mandarin SD
di Kota Medan; dan (12) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru bahasa
Mandarin SD di Kota Medan. Met ode pen eli tian ex post facto dengan menggunakan
analisis jalur. Sampel penelitian adalah guru SD di Kota Medan berjumlah 115
orang Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh langsung positif dan
signitikan antara: {1} budaya organisasi terhadap perilaku inovatif sebesar P41 =
0,211 signifikansi 0,018; (2) komunikasi interpersonal terhadap perilaku inovatif
sebesar P42 = 0,195 signifikansi 0,027; (3) kompetensi pedagogik terhadap perilaku
inovatif sebesar P43 = 0,235 signifikansi 0,008; (4) budaya organisasi terhadap
motivasi kerja sebesar pst = 0,285 signifikansi 0,001 ; (5) komunikasi interpersonal
terhadap motivasi keija sebesar ps2 = 0,212 signifikansi 0,01 5; (6) kompetensi
pedagogik terhadap motivasi kerja sebesar ps3 = 0,196 signifikansi 0,024; (7)
budaya organisasi terhadap kineija guru sebesar P61 = 0,250 signifikansi 0,003~ (8)
komunikasi interpersonal terhadap kineija guru sebesar P62 = 0,174 signifikansi
0,034~ (9) kompetensi pedagogik terhadap lcinerja guru sebesar P63 = 0,207
signifikansi 0,013; (I 0) perilaku inovatifterhadap kinerja guru sebesar P64 = 0~ 174
signifikansi 0,040~ dan (II) motivasi keija terhadap lcinerja guru sebesar P6s = 0,192
signifikansi 0,026. lmplikasi penelitian menyatakan perlu peningkatan dan
perbaikan budaya organisasi, komunikasi interpersonal, kompetensi pedagogilc~
perilaku inovatif, motivasi kerja, sebagai upaya untuk mengoptimalkan kinerja guru
bahasa Mandarin SO di Kota Medan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 372 Rom p
Keywords: Budaya organisasi; Konu1nikasi i11terpersonal; Kompetensi Pedagogik; Perilaku inovatif; motivasi kerja; Kinerja guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:39
Last Modified: 10 Sep 2021 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43280

Actions (login required)

View Item
View Item