PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 35 MEDAN

Sitompul, Reza Tondi D. and Lumban Gaol, Yenni Triana and Simanjuntak, Mariati Purnama and Hamid, Abdul (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 35 MEDAN. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 8 (2). pp. 70-75. ISSN 2337-4624

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (877kB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa SMP dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) di kelas VII-5 SMP NEGERI 35 Medan pada materi Pencemaran Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dan masing masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-5 SMP NEGERI 35 Medan T.A 2019/2020. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik Pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi dan tes. Hasil analisis data siswa pada siklus I diperoleh dengan rata rata 70,00 dalam kriteria baik, pda siklus II diperoleh data dengan rata rata 80,50 dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 35 Medan.

Item Type: Article
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, PTK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 16 Sep 2021 13:48
Last Modified: 27 Dec 2021 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43279

Actions (login required)

View Item
View Item