Wijaya, Wijayanti and Hapsari, Siti and Simanjuntak, Mariati Purnama and Hamid, Abdul (2020) PENGARUH MODEL MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 35 MEDAN T.P. 2019/2020. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 8 (2). pp. 76-82. ISSN 2337-4624
Peer Reviewer.pdf - Published Version
Download (885kB) | Preview
Article.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi Tekanan Zat Cair di kelas VIII semester II SMP Negeri 35 Medan T.P. 2019/2020. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan yang berjumlah 11 kelas dan sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen VIII- 5 yang menggunakan model PBL dan kelas kontrol VIII-6 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal dengan 4 pilihan materi Tekanan Zat Cair. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 53,33 dan pada kelas kontrol 50,44. Berdasarkan hasil uji t diperoleh kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen sebesar 72,67 sedangkan siswa pada kelas kontrol sebesar 65,11. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t ada perbedaan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Tekanan Zat Cair.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tekanan Zat Cair |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 13:48 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43277 |