Indah, Ratna Sari and Simanjuntak, Mariati Purnama and Pangaribuan, Shanty S, (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2016/2017. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 8 (1). pp. 44-48. ISSN 2337-4624
Peer Reviewer.pdf - Published Version
Download (900kB) | Preview
Article.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbasis animasi flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-3 sebagai kelas kontrol. Desain penelitiaan adalah two group pretes-posstes. Instrumen yang digunakan adalah pilihan berganda dengan menggunakan lima option. Data postes yang diperoleh yaitu hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 76,18 dan kelas kontrol adalah 48,15. Hasil uji beda dengan uji t nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran inquiry training berbasis animasi flash mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | inquiry training, animasi flash, hasil belajar fluida statis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 13:48 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43274 |