Risnawati, Winda and Hutahaean, Juniar and Simanjuntak, Mariati Purnama (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK SEDERHANA DI KELAS X SEMESTER II SMAN 10 MEDAN T.A. 2017/2018. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 7 (2). pp. 61-66. ISSN 2338 – 1981
Peer Reviewer.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Article.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan simulasi komputer terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretest- Postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 10 Medan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu X MIA-3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes KPM dalam bentuk essay dengan jumlah soal sebanyak 8 soal yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan uji t menggunakan program SPSS menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model PBL terhadap keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil uji gain menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model PBL.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Model Problem Based Learning, Keterampilan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 01:56 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43272 |