PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2017/2018

Sinaga, July Romaitonya and Simanjuntak, Mariati Purnama (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2017/2018. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 7 (2). pp. 23-32. ISSN 2337-4624

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (906kB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 10 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 4 kelas, Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan teknik random sampling yaitu kelas XI-IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI-IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah essai test sebanyak 7 soal. Setelah pretes dianalisis normalitas, homogenitas dan uji t ternyata kedua kelas berdistribusi normal, homogen, dan berkemmpuan sama. Kemudian dilakukan perlakuan yang berbeda lalu diberi postes menghasilkan thitung < ttabel hal ini menyatakan ada perbedaaan yang signifikan akibat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di kelas XI SMA Negeri 10 Medan T.P. 2017/2018.

Item Type: Article
Keywords: model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, elastisitas dan hukum Hooke
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 10 Sep 2021 00:03
Last Modified: 27 Dec 2021 08:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43271

Actions (login required)

View Item
View Item