Sinaga, July Romaitonya and Simanjuntak, Mariati Purnama (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2017/2018. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 7 (2). pp. 23-32. ISSN 2337-4624
Peer Reviewer.pdf - Published Version
Download (906kB) | Preview
Article.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 10 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 4 kelas, Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan teknik random sampling yaitu kelas XI-IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI-IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah essai test sebanyak 7 soal. Setelah pretes dianalisis normalitas, homogenitas dan uji t ternyata kedua kelas berdistribusi normal, homogen, dan berkemmpuan sama. Kemudian dilakukan perlakuan yang berbeda lalu diberi postes menghasilkan thitung < ttabel hal ini menyatakan ada perbedaaan yang signifikan akibat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di kelas XI SMA Negeri 10 Medan T.P. 2017/2018.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, elastisitas dan hukum Hooke |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 00:03 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43271 |