Siregar, Dwi Fatmawati (2021) Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Budaya Lokal Kelas IV Sekolah Dasar 112137 Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176182011 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. NIM. 8176182011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM. 8176182011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4. NIM. 8176182011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 8176182011 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM. 8176182011 TABELS.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM. 8176182011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
8. NIM. 8176182011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 8176182011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13. NIM. 8176182011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14. NIM. 8176182011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan bahan ajar IPS berbasis budaya lokal di kelas IV SD 112137 Kecamatan Rantau Utara; (2) mengetahui efektifitas bahan ajar IPS berbasis budaya lokal yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD 112137 Kecamatan Rantau Utara. Tahapan pengembangan bahan ajar dengan jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D oleh Thigarajan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 112137 Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Berdasarkan penelitian menunjukkan (1) Validasi ahli materi 97,73 % dengan kategori sangat valid, (2) Validasi ahli bahasa 98,08% dengan kategori sangat valid, (3) Validasi ahli desain 94,23% dengan kategori sangat valid, (4) Respon siswa pada uji coba kelompok kecil terhadap penilaian kelayakan bahan ajar IPS berbasis budaya lokal di kelas eksperimen memperoleh nilai 65,7% dengan kategori layak, (5) Respon siswa pada uji coba lapangan terhadap penilaian kelayakan bahan ajar IPS berbasis budaya lokal di kelas eksperimen memperoleh nilai 80,9% dengan kategori sangat layak. (6) Pada uji kelompok kecil kelas eskperimen pada tes pretest 57,9 dengan kategori “cukup efektif” sedangkan postest 75,6 dengan kategori “efektif”(7) Pada uji kelompok kecil kelas kontrol pada tes pretest 37,9 dengan kategori “kurang efektif” sedangkan postest 45,8 dengan kategori “kurang efektif” (8) Pada uji kelompok lapangan di kelas ekserimen pada tes pretest 65,1 dengan kategori “cukup efektif” sedangkan postest 81,2 dengan kategori “efektif” (9) Pada uji kelompok lapangan di kelas kontrol pada tes pretest 49 dengan kategori “kurang efektif” sedangkan posttes 65,9 dengan kategori “cukup efektif”. Bahan ajar IPS budaya lokal materi keberagaman suku bangsa di daerahku layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.5 Sir p |
Keywords: | Penelitian Pengembangan; Bahan Ajar; Budaya Lokal |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 09:44 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 09:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43263 |