Sinaga, Yuli Fitriani (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN WINGEOM. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171041 Judul.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. 8126171041 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (790kB) | Preview
3. 8126171041 Abstrak.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. 8126171041 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. 8126171041 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. 8126171041 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. 8126171041 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. 8126171041 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. 8126171041 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8126171041 Bab V.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
11. 8126171041 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan Self-efficacy matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran SAVI berbantuan Wingeom lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (KAM) dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan Self-efficacy matematis siswa, (3) bagaimana proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal pada pendekatan pembelajaran SAVI berbnatuan Wingeom dan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Delitua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan mengambil sampel dua kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes berpikir kritis dan angket Self-efficacy. Instrument tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dengan tingkat validasi RPP baik yaitu 4,38 dan LAS sangat baik yaitu 4,78, serta koefisien reabilitas sangat tinggi yaitu 1,24. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dalam penelitian dan normalitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan Self-efficacy matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran SAVI berbantuan Wingeom lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan Self-efficacy matematis siswa, (3) Proses penyelasaian jawaban yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada pendekatan pembelajaran SAVI berbantuan Wingeom lebih baik daripada siswa pada pembelajaran biasa. Temuan penelitian merekomendasikan pendekatan pembelajaran SAVI berbantuan Wingeom dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah terutama untuk mencapai kompetensi kreatif, variatif dan inovatif. Saran kepada guru adalah sebaiknya penerapan pembelajaran SAVI berbantuan Wingeom pada pembelajaran matematika yang menekankan kepada kemampuan berpikir kritis dan Self-efficacy matematis siswa dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang menarik dan inovatif khususnya dalam mengajarkan materi segitiga pada geometri sehingga visualisasi siswa tentang objek segitiga dapat dilihat menjadi lebih nyata melalui Wingeom dan siswa akan mengingat pembelajaran ini lebih lama.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 2 Sin p |
Keywords: | Geometri; Berpikir kritis; Self efficacy; Software wingeom; Media pembelajaran; Somatis auditory visual intelektual |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4325 |