DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Marpaung, Nurliana and Simanjuntak, Mariati Purnama (2018) DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MULTIPEL REPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 6 (3). pp. 40-45. ISSN 2337-4624

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran berbasis multipel representasi yang dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah Fisika Umum melalui model problem based learning (PBL). Analisis kebutuhan dilakukan melalui studi literatur dan studi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa T.A 2018/2019 yang mengontrak matakuliah Fisika Umum pada materi Dinamika Partikel. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu, satu kelas sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dan satu kelas lain sebagai kelas sebagai eksperimen dengan PBL dan multipel representasi. Kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil dengan teknik simple random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Instrumen hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis masing-masing berbentuk pilihan ganda dan uraian. Hasil dari penelitian ini merupakan sebuah desain pembelajaran berbasis masalah dan multipel representasi yang telah direvisi dan divalidasi oleh ahli. Model desain pembelajaran ini diasumsikan mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis mereka. Adapun hasil yag dipaparkan di sini masih merupakan hasil studi pendahuluan.

Item Type: Article
Keywords: multipel representasi, problem based learning, hasil belajar, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 09 Sep 2021 05:37
Last Modified: 27 Dec 2021 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43243

Actions (login required)

View Item
View Item