Nasution., Sarah Marilin (2021) Pengaruh Model Pembelajaran dan Lokasi Sekolah Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. 8176172046 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. 8176172046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. 8176172046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. 8176172046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. 8176172046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. 8176172046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. 8176172046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (725kB) | Preview
12. 8176172046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
13. 8176172046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan penalaran matematis siswa , (2) Untuk mengetahui pengaruh lokasi sekolah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan lokasi sekolah terhadap kemampuan penalaran . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Tsanawiyah Hifzil Qur’an Medan dan Madrasah Tsanawiyah Al-Jam’iyatul Tembung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling. Jenis pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Sampel penelitian dipilih dari dua kelas dari masing-masing sekolah, yaitu kelas Tsanawiyah Hifzil Qur’an Medan yaitu kelas kelas VII-2 memperoleh model Problem Based Learning terdiri dari 30 siswa danVII-3 sebagai kelas yang memperoleh Pembelajaran Konvensional yang terdiri dari 30 siswa. Dan Madrasah Tsanawiyah Al-Jam’iyatul Tembung VII-1 sebagai kelas yang memperoleh model Problem Based Learning yang terdiri dari 28 siswa danVII-6 sebagai kelas yang memperoleh Pembelajaran Konvensional yang terdiri dari 28 siswa penelitian menggunakan tes kemampuan penalaran matematis. Uji statistik data menggunakan Uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (2) terdapat pengaruh lokasi sekolah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan lokasi sekolah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.807 2 Nas p |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Pembelajaran Konvensional; Lokasi Sekolah; Kemampuan Penalaran Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 04:48 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43241 |