Puspaningrum, Cici (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Berbasis Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa di SMP IT Ikhwanul Muslimin. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8196171006 COVER.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
2. NIM. 8196171006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8196171006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
5. NIM. 8196171006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. NIM. 8196171006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM. 8196171006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM. 8196171006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 8196171006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
13. NIM. 8196171006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
6. NIM. 8196171005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran buku interaktif berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa; 2) meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa dengan menggunakan media buku interaktif berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan subjek penelitian 15 orang siswa/i kelas VIII-1 dan 15 orang siswa/i kelas VIII-2 di SMP IT Ikhwanul Muslimin. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran buku interaktif berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas media pembelajaran oleh para validator dengan nilai rata-rata total sebesar 3,73 (kategori “Valid”). Sementara itu, kepraktisan media pembelajaran dilihat dari skor observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba II yaitu sebesar 3,73 (kategori “Terlaksana dengan Baik”). Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari empat aspek yaitu ketuntasan klasikal, skor observasi aktivitas siswa, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon guru dan siswa. Ketuntasan klasikal kemampuan spasial matematis siswa pada uji coba II sebesar 86,67% (13 siswa). Rata-rata persentase pencapaian waktu ideal aktivitas siswa pada uji coba II untuk tiga pertemuan adalah 22,2%, 26,87%, 26,87%, 13,9%, 7,87%, dan 2,32%. Rata- rata skor observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran pada uji coba II adalah 3,79 (kategori “Baik”). Rata-rata respon guru pada uji coba II adalah 3,78 (kategori “Tertarik”). Rata-rata respon siswa pada uji coba II adalah 3,74 (kategori “Tertarik). Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan skor 0,40 (kriteria “sedang”)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.156.072 Pus p |
Keywords: | Buku Digital Interaktif; Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik; Kemampuan Spasial; Pengembangan Media Pembelajaran Matematika; Kubus dan Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 03:03 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43229 |