Ramadhani, Putri (2020) Analisis Kesesuaian Instrumen Peniliaian Autentik Berdasarkan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2161111032 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 2161111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 2161111032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 2161111032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 2161111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 2161111032 TABLES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. NIM. 2161111032 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 2161111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
12. NIM. 2161111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
13. NIM. 2161111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kesesuaian instrumen penilaian
autentik berdasarkan standar penilaian Kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa
Indonesia di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan pada semester genap tahun pembelajaran
2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian instrumen
penilaian autentik berdasarkan standar penilaian kurikulum 2013 pada mata pelajaran
bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2019/2020.
Subjek dalam penelitian ini yaitu dokumen instrumen penilaian autentik yang disusun
guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan yang telah
menggunakan Kurikulum 2013 pada Tahun Pembelajaran 2019/2020. Metode
penelitian yang digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi
pada dokumen penilaian autentik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
analisis dokumen. Hasil penelitian ini berupa data deskriptif Kesesuaian Instrumen
Penilaian Autentik Berdasarkan Standar Penilaian Kurikulum 2013 pada Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Berdasarkan hasil
analisis terhadap penilaian autentik yang mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Dapat disimpulkan bahwa penilaian autentik pada penilaian sikap
sudah sesuai hanya saja ada beberapa indikator yang belum lengkap, penilaian
pengetahuan memiliki kesesuaian, dan pada penilaian keterampilan terdapat dua KD
yang tidak sesuai. Hal itu didasarkan pada hasil analisis yang telah dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesesuaian Instrumen Penilaian Autentik; Sikap; Pengetahuan; Keterampilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 01 Oct 2021 20:45 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 20:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43211 |