Hartono (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 HINAI KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116172006 Judul.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. 8116172006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8116172006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. 8116172006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5. 8116172006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. 8116172006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7. 8116172006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8116172006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. 8116172006 Bab I.pdf - Published Version
Download (721kB) | Preview
10. 8116172006 Bab V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
11. 8116172006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah : (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan PMR lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Biasa, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Hinai dengan sampel 70 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan penalaran matematis yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas masing-masing sebesar 0,821 dan 0,855. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran dengan PMR lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan PMR lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan PMR dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 01:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4317 |