Monica, Nina (2020) Analisis Kesesuaian Penggunaan Media Pembelajaran dengan Tujuan Pembelajaran pada RPP yang Digunakan Guru Bahasa Indonesia di Kelas VII dan VIII SMP Rakyat Sei Glugur Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2161111029 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM. 2161111029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
3. NIM. 2161111029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4. NIM. 2161111029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5. NIM. 2161111029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
6. NIM. 2161111029 TABLE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7. NIM. 2161111029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
8. NIM. 2161111029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (707kB) | Preview
12. NIM. 2161111029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13. NIM. 2161111029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajaran dan kesesuaian penggunaan media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran pada RPP yang digunakan guru bahasa Indonesia di kelas VII dan VIII SMP Rakyat Sei Glugur Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subjek pada penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di SMP Rakyat Sei Glugur yaitu Ibu Erlina br Sembiring, S.Pd. dan Bapak Dadi, S.Pd. Objek penelitian adalah media pembelajaran dan kesesuaian penggunaan media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran pada RPP yang digunakan guru. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran pada RPP yang digunakan guru di kelas VII dan VIII SMP Rakyat Sei Glugur adalah bahan tayang dan media cetak. Kesesuaian penggunaan media dengan tujuan pembelajaran pada RPP yang digunakan guru bahasa Indonesia di kelas VII dan VIII dikategorikan baik (sesuai). Hal ini diperoleh dari hasil lembar observasi pada RPP I materi puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) 86,67%. RPP II materi teks fabel 100%. RPP III materi surat dinas dan surat pribadi 91,67%. RPP IV materi buku fiksi dan nonfiksi 100%. RPP V materi teks ulasan 91,67%. RPP VI materi teks persuasi 91,67% dan RPP VII materi teks drama 100%. Dapat disimpulkan bahwa kesesuaian penggunaan media dengan tujuan pembelajaran pada RPP yang digunakan guru bahasa Indonesia di kelas VII dan VIII dikategorikan baik (sesuai). Namun, masih perlu dilakukan variasi dan peningkatan dalam hal pemanfaatan atau penggunaaan media pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesesuaian; media pembelajaran; tujuan pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 11:01 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 11:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43165 |