Ashlan, Said (2021) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Organizational Citizenship Behavior, Imbalan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kota Banda Aceh. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM 8156114032 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 8156114032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM 8156114032 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. NIM 8156114032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM 8156114032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 8156114032 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM 8156114032 LST OF FGURES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM 8156114032 LIIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 8156114032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
13. NIM 8156114032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
14. NIM 8156114032 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap imbalan, (2) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi, (3) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah kinerja guru, (4) pengaruh organizational citizenship behavior terhadap imbalan, (5) pengaruh organizational citizenship behavior terhadap motivasi berprestasi, (6) pengaruh organizational citizenship behavior terhadap kinerja guru (7) pengaruh imbalan terhadap kinerja guru, (8) pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru. Subjek penelitian adalah Guru SMA Negeri di Kota Banda Aceh dengan jumlah sampel sebanyak 240 orang yang diambil dengan cara stratified proportional random sampling, data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur setelah dihitung korelasi seluruh variabel penelitian dalam bentuk matriks.
Hasil analisis pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen pada masing-masing substruktur diperoleh (1) imbalan dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan organizational citizenship behavior masing-masing sebesar 0,059 dan 0,067, (2) motivasi berprestasi dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan organizational citizenship behavior masing-masing sebesar 0,064 dan 0,1296, (3) kinerja guru dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah, organizational citizenship behavior, imbalan dan motivasi berprestasi masing-masing sebesar 0,046; 0,067; 0,017; dan 0,092; serta pengaruh tidak langsung X1 terhadap X5 melalui X3 sebesar 0,0078; pengaruh tidak langsung X1 terhadap X5 melalui X4 sebesar 0,0193; pengaruh tidak langsung (X2) terhadap X5 melalui X3 sebesar 0,0054; dan pengaruh tidak langsung (X2) terhadap X5 melalui (X4) sebesar 0,0168.
Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa Total Effect proporsional dari variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah, organizational citizenship behavior, imbalan, dan motivasi berprestasi baik pengaruh langsung, maupun tidak langsung sebesar 24,46%, komponen Spurious (S) proporsional total sebesar 5,29% dan komponen Unanalyzed (U) proporsional total sebesar 2,59%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya di luar gaya kepemimpinan kepala sekolah, organizational citizenship behavior, imbalan, dan motivasi berprestasi sebesar 56,8%.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 373 Ash p |
Keywords: | gaya kepemimpinan; kepala sekolah; kinerja guru; motivasi berprestasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 08:00 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43119 |