Sinaga, Dina Juni Anggriani (2021) Pengaruh Model Problem based Learning dan Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176175005 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM 8176175005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM 8176175005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM 8176175005 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM 8176175005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM 8176175005 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 8176175005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 8176175005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 8176175005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM 8176175005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 8176175005 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis di atas rata-rata lebih baik dari siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis dibawah rata-rata, dan ada interaksi antara model pembelajaran problem based learning dengan keterampilan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperimen dengan desain two group pretes-postes. Populasi penelitian adalah siswa SMA N 8 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes essay untuk keterampilan proses sains dan tes keterampilan berpikir kritis. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis di atas rata-rata lebih baik dari siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis dibawah rata-rata dan ada interaksi antara model pembelajaran problem based learning dengan keterampilan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.072 Sin p |
Keywords: | problem based learning; Keterampilan Berpikir Kritis; dan Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 04:24 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43108 |