Elsa, Husna (2021) Pengembangan Suplemen bahan ajar tentang konservasi tuntong laut (Batagur borneonsis) di Pusung Kapal Kecamatan Seruway. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176174012 COVER.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
2. NIM. 8176174012 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
3. NIM. 8176174012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 8176174012 PREFACE .pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM. 8176174012 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM. 8176174012 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7. NIM. 8176174012 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 8176174012 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM. 8176174012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
13. NIM. 8176174012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM. 8176174012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kelayakan Pengembangan Suplemen bahan ajar tentang konservasi Tuntong Laut (Batagur borneonsis) di Pusung Kapal Kecamatan Seruway. Subjek dalam penelitian ini adalah (1) satu orang dosen ahli desain pembelajaran; (2) satu orang dosen ahli desain layout book; (3) satu orang dosen ahli desain pembelajaran; (4) dua orang dosen pengampu matakuliah Konservasi dan (5) mahasiswa pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D yang terdiri atas tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi konten/materi dinilai berdasarkan kekuatan materi, keakuratan materi, kemutahiran materi, penyajian materi dan kebahasaan memiliki nilai rata-rata 85,38% (sangat baik); validasi desain layout buku ajar dinilai dengan beberapa aspek yaitu format buku, tata letak sampul, tipografi sampul, tata letak isi, tipografi isi, dan ilustrasi/ gambar isi buku memiliki nilai rata-rata yaitu (90%) (sangat baik); (3) validasi desain pembelajaran dinilai berdasarkan aspek cakupan materi, penyajian materi, komunikatif, lugas, penggunaan istilah, simbol dan ikon, efek pembelajaran, ketersediaan latihan dan penilaian produk memiliki rata-rata 88,65% (sangat baik). Tanggapan dosen pengampu matakuliah Konservasi, buku ini sangat bagus dengan presentasi 87,80% dan (5) tanggapan mahasiswa menunjukkan bahwa buku ajar ini sangat baik, tanggapan uji coba perorangan yaitu 88,22%, untuk uji coba kelompok kecil yaitu 91,33 %, untuk uji coba kelompok terbatas yaitu 89,77%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku berbasis riset yang dikembangkan telah layak dan dapat digunakan sebagai bahan untuk memperoleh informasi lain selain buku pedoman mahasiswa. Selanjutnya efektifitas dari buku suplemen ini dilihat dari nilai gain sebesar 0,75 dengan criteria sedang, sehingga buku yang dikembangkan dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.7 Els p |
Keywords: | Pengembangan Buku; Berbasis Penelitian; Konservasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH705 Economic biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 10:34 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 10:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43099 |