Sinaga, Mahniar (2021) Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Pendekatan STEM Terintegrasi Pendidikan Karakter. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186142009 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 8186142009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3. NIM. 8186142009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 8186142009 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
5. NIM. 8186142009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 8186142009 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM. 8186142009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8186142009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 8186142009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
13. NIM. 8186142009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 8186142009 REFFERENCES.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; hasil analisis terhadap penuntun praktikum kimia yang digunakan di sekolah, tingkat kelayakan penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan STEM terintegrasi pendidikan karakter menurut standar BSNP, tingkat pemahaman dan respon siswa setelah menggunakan penuntun praktikum berbasis pendekatan STEM terintegrasi pendidikan karakter, sikap rasa ingin tahu, kerja sama/kolaborasi, berpikir kritis, dan tanggung jawab serta komunikatif siswa pada saat menggunakan penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan STEM terintegrasi pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XII SMAN 1 Tanjungbalai T.A 2020/2021. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa yang diambil secara purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari angket berdasarkan BSNP, lembar observasi karakter siswa, tes uraian uji pemahaman siswa, serta angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan One-Shot Case Study pada aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan penuntun praktikum kimia yang digunakan di sekolah kurang layak dan perlu revisi menurut standar penilaian BSNP dengan rerata nilai sebesar 2,50; penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan STEM terintegrasi pendidikan karakter yang dikembangkan memperoleh hasil validasi 3,78 tergolong dalam kategori sangat layak; pada uji pemahaman siswa setelah menggunakan penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan STEM terintegrasi pendidikan karakter diperolehan nilai rata-rata sebesar 91,50 lebih tinggi dari nilai KKM (76), karakter siswa pada saat menggunakan penuntun praktikum kimia berbasis pendekatakn STEM terintegrasi pendidikan karakter sangat baik dengan nilai rata-rata 86,37 dan respon siswa terhadap penggunaan penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan STEM terintegrasi pendidikan karakter sangat baik dengan nilai rata-rata 91,16%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.72 Sin p |
Keywords: | penuntun praktikum; STEM; tingkat pemahaman; karakter; respon |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 09:14 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 09:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43092 |