Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Fabel pada Siswa Kelas VII MTsN 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Hannum, Masdalifah (2020) Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Fabel pada Siswa Kelas VII MTsN 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1.NIM. 2162111003. COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM. 2162111003. COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2162111003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2162111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2162111003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2162111003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2162111003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2162111003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2162111003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2162111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2162111003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2162111003 TABLES.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2162111003  LIST OF APPENDICESS.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2162111003 LIST OF APPENDICESS.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2162111003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2162111003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 12.  NIM 2162111003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2162111003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2162111003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2162111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menceritakan kembali isi teks
fabel pada siswa kelas VII MTsN 2 Medan Tahun pembelajaran 2019/2020. Kemampuan
menceritakan kembali isi teks fabel tersebut perlu dideskripsikan untuk memperoleh
hasil analisis yang jelas tentang masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu seluruh
siswa kelas VII MTsN 2 Medan tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 13 kelas
dengan jumlah siswa sebanyak 401 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
random sampling (acak) dan terpilih kelas VII Plus 1dengan jumlah siswa 32 orang.
Instrumen penelitian yang digunakan ialah tes bercerita. Tes bercerita yang dimaksud
adalah menceritakan kembali isi teks fabel dengan memperhatikan ketepatan isi cerita,
ketepatan logika cerita, kenyaringan suara, pilihan kata, dan kelancaran. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah penugasan. Data dalam penelitian ini adalah
skor kemampuan menceritakan kembali isi teks fabel berdasarkan aspek ketepatan isi
cerita skor rata-rata 97,65, ketepatan logika cerita 100, kenyaringan suara skor rata-rata
67,18, sedangkan pada pilihan kata skor rata-rata74,24 dan kelancaran 71,87. Jadi hasil
menunjukkan bahwa kelas VII MTsN 2 Medan dalam menceritakan kembali
dikategorikan baik dengan jumlah skor rata-rata dari kelima aspek tersebut adalah 82,19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Menceritakan Kembali; Teks Fabel
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 01 Sep 2021 08:09
Last Modified: 01 Sep 2021 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43090

Actions (login required)

View Item
View Item