Agustinawati, Meriyanti (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN GEOGEBRA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126171021 Judul.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. 8126171021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
3. 8126171021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. 8126171021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. 8126171021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
6. 8126171021 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. 8126171021 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. 8126171021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
9. 8126171021 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8126171021 Bab V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
11. 8126171021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PMR berbantuan GeoGebra. Penelitian ini berbentuk studi quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa berjumlah 236 siswa. Sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas VII-5 (kelas eskperimen) dan VII-9 (kelas kontrol). Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis, lembar proses jawaban siswa, lembar observasi aktivitas siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dengan reliabilitas untuk tes kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis berturut-turut adalah 0,699 dan 0,8626. Analisis data inferensial yang digunakan ANAVA dua jalur dan deskriptif proses jawaban siswa dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran PMR berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori, (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran PMR berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori, (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa, (4) proses penyelesaian masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran PMR berbantuan GeoGebra lebih lengkap daripada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori, (5) Aktivitas siswa dengan pendekatan matematika realistik berkategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan agar pendekatan matematika realistik (PMR) dan pemanfaatan bantuan GeoGebra dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa sehingga pembelajaran matematika lebih inovatif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.350 712 Agu p |
Keywords: | Pemecahan masalah; Kemampuan koneksi; Matematika realistik; Pembelajaran ekspositori; Media pembelajaran; Geogebra; Geometri; Aljabar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 04 Jun 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4309 |