PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TEMATIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU UNTUK SISWA KELAS IV SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR KAB. DELI SERDANG T.A 2019/2020

ANNISA, CICI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TEMATIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU UNTUK SISWA KELAS IV SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR KAB. DELI SERDANG T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1163311011_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1163311011_COVER.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1163311011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1163311011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1163311011_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1163311011_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1163311011_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1163311011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1163311011_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1163311011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1163311011_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1163311011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1163311011_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1163311011_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1163311011_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1163311011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1163311011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1163311011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1163311011_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1163311011_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1163311011_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1163311011_BAB V.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1163311011_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1163311011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (609kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah minimnya media pembelajaran dan tidak tersedianya media pembelajaran yang berorientasi bermain sambil belajar serta cenderung menggunakan media berbahan dasar dari kertas di kelas IV SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan media monopoli tematik berbasis model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku yang layak untuk siswa kelas IV SDN 104204 Sambirejo Timur pada subtema 3 indahnya persatuan dan kesatuan negeriku pembelajaran 1. Monopoli tematik ini merupakan sebuah alat permainan edukatif yang dirancang berdasarkan permainan monopoli.
Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Di mana jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan Angket/Kuesioner. Penelitian dilaksanakan dengan 9 tahap, yaitu: melakukan penelitian dan pengumpulan informasi, melakukan perencanaan, pengembangan produk, uji coba lapangan awal, revisi produk awal, uji lapangan utama, revisi produk hasil uji coba lapangan utama, uji coba pelaksanaan, dan penyempurnaan
produk akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari ahli media pada tahap I oleh validator 1 mendapatkan rata-rata skor 4,05 kategori baik, dan validator 2 mendapatkan rata-rata skor 4,25 kategori baik. Sedangkan validasi ahli materi pada tahap I oleh validator 1 mendapatkan rata-rata skor 3,50 kategori baik, dan validator 2 mendapatkan rata-rata skor 4,25 kategori baik. Apabila angka tersebut
dikonversikan kedalam skala Likert berdasarkan tingkat kelayakan, maka media monopoli tematik termasuk kategori layak uji coba dengan revisi. Setelah melakukan perbaikan pada media dan materi pada tahap I. Maka di peroleh penilaian media pada tahap II oleh validator 1 mendapatkan rata-rata skor 4,50 kategori sangat baik, dan validator 2 mendapatkan rata-rata skor 4,70 kategori sangat baik. Pada validasi ahli materi pada tahap II oleh validator 1 mendapatkan rata-rata skor 4,60 kategori sangat baik, dan validator 2 mendapatkan rata-rata skor 4,66 termasuk kategori sangat baik dan layak uji coba tanpa revisi.
Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa media monopoli tematik berbasis model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada tema indahnya keragaman di negeriku layak untuk pembelajaran siswa kelas
IV SDN 104204 Sambirejo Timur T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: alat permainan edukatif, monopoli tematik, kelas IV sekolah dasar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 09 Aug 2021 03:02
Last Modified: 09 Aug 2021 03:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43081

Actions (login required)

View Item
View Item