Sirait, Dewi Hamda Mukminingsih (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran dan Keberanian Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Tanah Jawa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186118003 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM 8186118003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM 8186118003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM 8186118003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM 8186118003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM 8186118003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM 8186118003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8186118003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8186118003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
13. NIM 8186118003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM 8186118003 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh fakta empiris mengenai pengaruh metode pembelajaran dan keberanian terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani siswa kelas V. Metode penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain by level 2 x 2. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kecamatan Tanah Jawa pada siswa kelas V sebanyak 8 kali pertemuan pada bulan September 2020 s/d Oktober 2020. Teknik analisis data menggunakan analisis varian. Instrumen Penelitian menggunakan angket keberanian dan portofolio hasil belajar pendidikan jasmani. Terdapat empat hipotesis penelitian dan hasil penelitian yaitu: 1) Berdasarkan hasil analisis varian pada taraf α=0,05 diperoleh Fh > Ft yaitu 4,36 > 4,06. 2) Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok A1B1 dan A2B1 dimana Qh = 14,06 dan Qt = 2,92. 3) Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok A2B2 dan A1B2 dimana Qh = 8,12 dan Qt = 2,92. 4) Berdasarkan hasil analisis varian pada taraf α=0,05 diperoleh Fh > Ft yaitu 60,80 > 4,06. Kesimpulan Penelitian: 1) Terdapat secara keseluruhan perbedaan hasil belajar pendidikan jasmani pada kelompok siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran tematik dan metode pembelajaran konvensonal. 2) Hasil belajar pendidikan jasmani pada kelompok siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran tematik yang memiliki keberanian tinggi lebih baik daripada siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional yang memiliki keberanian tinggi. 3) Hasil belajar pendidikan jasmani pada kelompok siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional yang memiliki keberanian rendah lebih baik daripada siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran tematik yang memiliki keberanian rendah. 4) Terdapat Interaksi antara metode pembelajaran dan keberanian terhadap hasil belajar pendidikan jasmani.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 796.07 Sir p |
Keywords: | Keberanian; Metode Pembelajaran; Pendidikan Jasmani |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 05:42 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 05:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43052 |