Pengaruh Metode Pembelajaran dan Keberanian Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Tanah Jawa

Sirait, Dewi Hamda Mukminingsih (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran dan Keberanian Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Tanah Jawa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8186118003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8186118003 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8186118003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8186118003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8186118003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8186118003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8186118003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8186118003 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8186118003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8186118003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8186118003 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8186118003 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8186118003 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8186118003 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8186118003 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8186118003 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8186118003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8186118003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8186118003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8186118003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8186118003 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8186118003 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh fakta empiris mengenai pengaruh metode pembelajaran dan keberanian terhadap hasil belajar Pendidikan Jasmani siswa kelas V. Metode penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain by level 2 x 2. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kecamatan Tanah Jawa pada siswa kelas V sebanyak 8 kali pertemuan pada bulan September 2020 s/d Oktober 2020. Teknik analisis data menggunakan analisis varian. Instrumen Penelitian menggunakan angket keberanian dan portofolio hasil belajar pendidikan jasmani. Terdapat empat hipotesis penelitian dan hasil penelitian yaitu: 1) Berdasarkan hasil analisis varian pada taraf α=0,05 diperoleh Fh > Ft yaitu 4,36 > 4,06. 2) Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok A1B1 dan A2B1 dimana Qh = 14,06 dan Qt = 2,92. 3) Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok A2B2 dan A1B2 dimana Qh = 8,12 dan Qt = 2,92. 4) Berdasarkan hasil analisis varian pada taraf α=0,05 diperoleh Fh > Ft yaitu 60,80 > 4,06. Kesimpulan Penelitian: 1) Terdapat secara keseluruhan perbedaan hasil belajar pendidikan jasmani pada kelompok siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran tematik dan metode pembelajaran konvensonal. 2) Hasil belajar pendidikan jasmani pada kelompok siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran tematik yang memiliki keberanian tinggi lebih baik daripada siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional yang memiliki keberanian tinggi. 3) Hasil belajar pendidikan jasmani pada kelompok siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran konvensional yang memiliki keberanian rendah lebih baik daripada siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran tematik yang memiliki keberanian rendah. 4) Terdapat Interaksi antara metode pembelajaran dan keberanian terhadap hasil belajar pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 796.07 Sir p
Keywords: Keberanian; Metode Pembelajaran; Pendidikan Jasmani
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jul 2021 05:42
Last Modified: 26 Jul 2021 05:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43052

Actions (login required)

View Item
View Item