Fitria, Alma Yunara (2020) Pengaruh Metode Show Not Tell terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 36 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2161111003 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM 2161111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (790kB) | Preview
3. NIM 2161111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
4. NIM 2161111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM 2161111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
6. NIM 2161111003 TABLES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM 2161111003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM 2161111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (868kB) | Preview
12. NIM 2161111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
13. NIM 2161111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode show not tell terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 36 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah 313 siswa. Dari 313 siswa tersebut, ditetapkan sampel sebanyak 29 siswa yang diambil menggunakan random sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test and post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks fabel siswa sebelum menerapkan metode show not tell tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 60,34 , sedangkan kemampuan menulis teks fabel siswa setelah menerapkan metode show not tell tergolong kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) 79,66. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 5,52 > 2,048, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian ada pengaruh metode show not tell terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 36 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan hasil pembelajaran menulis teks fabel siswa dengan menggunakan metode show not tell berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks fabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode show not tell; menulis teks fabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 06:48 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43037 |