Wirevenska, Ice (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP KARYA BUNDA. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188730020 Judul.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
2. 081188730020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
3. 081188730020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. 081188730020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. 081188730020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
6. 081188730020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. 081188730020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. 081188730020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
9. 081188730020 Bab I.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
10. 081188730020 Bab V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
11. 081188730020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini : (1) Memperbaiki tingkat kemampuan penalaran siswa melalui pendekatan Matematika Realistik, (2) Memperbaiki tingkat kemampuan komunikasi matematik siswa melalui pendekatan Matematika Realistik, (3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Karya Bunda. Subjek penelitian kelas VIII-b Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 22 orang . Objek pada penelitian ini adalah pembelajaran yang menerapkan pendekatan Matematika Realistik untuk mengetahui peningkatan aktivitas, kemampuan penalaran siswa, dan kemampuan komunikasi matematik siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang itu siklus I dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Adapun hasil penelitian ini dapat dilihat dari (1) terjadi peningkatan kemampuan penalaran siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil perolehan pada siklus I terdapat 4 siswa atau 18% memiliki tingkat kemampaun penalaran berada dalam kategori minimal “cukup”. Pada siklus II terdapat 18 siswa atau 81% telah memiliki tingkat kemampuan penalaran siswa dalam kategori “baik”, dan (2) terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan pada siklus I terdapat 9 siswa atau 40,90% memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematik siswa berada pada kategori minimal “cukup”. Pada siklus II terdapat 20 orang siswa atau 90,9% telah memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematik siswa dalam kategori “baik”, (3) pada siklus I terdapat 86,35% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran memberikan respon yang positif terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran dan pada siklus II terdapat 92,71% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran memberikan respon yang positif terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menerapkan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika selama pembelajaran telah memenuhi target yang ditetapkan. Peningkatan tersebut terjadi dengan berbagai revisi-revisi tindakan berdasarkan hasil-hasil refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 2 Wir u |
Keywords: | Komunikasi matematik; Matematika realistik; Respon siswa; Penalaran; Kubus; Balok |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4303 |