Perangin - Angin, Rafi'ah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Media Software Proteus 8 Professional Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Swasta Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5141131014 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 5141131014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 5141131014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM. 5141131014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. NIM. 5141131014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. NIM. 5141131014 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 5141131014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 5141131014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
12. NIM. 5141131014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
13. NIM. 5141131014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Media Software Proteus 8 Professional Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Swasta Imelda Medan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik Semester Ganjil di SMK Swasta Imelda Medan yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 48 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X TITL-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 orang dan kelas X TITL-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 orang. Sampel penelitian diambil dari keseluruhan populasi. Proses pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu pengumpulan data menggunakan tes akhir (posttest) di kedua kelas kelompok. Uji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α) = 0,05. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas kontruk. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 76,687 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 68,95. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig > 0,05 = 0,000 > 0,05. Artinya ada perbedaan antara hasil belajar mata pelajaran dasar listrik elektronika untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek menggunakan software proteus 8 professional terhadap hasil belajar siswa kelas X
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Dasar Listrik dan Elektronika, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 08:14 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43020 |