Harahap, Tua Halomoan (2013) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII-2 SMP NURHASANAH MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188730044 Judul.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. 081188730044 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
3. 081188730044 Abstrak.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. 081188730044 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. 081188730044 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. 081188730044 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 081188730044 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 081188730044 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 081188730044 Bab I.pdf - Published Version
Download (825kB) | Preview
10. 081188730044 Bab V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
11. 081188730044 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa), (2) meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa, (3) meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan (4) meningkatkan respon positif siswa terhadap pembelajaran matematika. Pendekatan yang diterapkan dalam proses adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning atau (CTL) pada pembelajaran matematika dengan materi geometri. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-2 SMP Swasta Nurhasanah Medan Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 32 orang yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 13 orang dan siswa perempuan berjumlah 19 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengukur aktivitas belajar, tes untuk mengukur kemampuan koneksi dan representasi matematika siswa, dan angket untuk mengukur respon positif siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) terjadi peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa dengan rata-rata persentase klasikal sebesar 65,63% pada siklus I dan sebesar 87,50% pada siklus II, (2) terjadi peningkatan kemampuan representasi matematika siswa dengan rata-rata persentase klasikal sebesar 75,00% pada siklus I dan sebesar 93,75% pada siklus II, (3) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata persentase sebesar 80,72% pada siklus I dan sebesar 87,86% pada siklus II, dan (4) terjadi peningkatan respon positif siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning atau (CTL) dengan rata-rata sebesar 3,33 pada siklus I dengan kriteria baik dan rata-rata sebesar 3,56 pada siklus I dengan kriteria sangat baik.Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan koneksi dan representasi matematika siswa. Akan tetapi, pada awal-awal pembelajaran guru akan mengalami kesulitan dalam menyiapkan anak untuk melakukan proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL, siswa sulit menerima perubahan pembelajaran yang telah mereka terima selama ini dengan pembelajaran kontruktivisme dengan menerapkan pendekatan CTL. Oleh karena itu, disarankan agar sebelum proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL dilakukan, guru membiasakan pembelajaran dengan pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa sehingga siswa akan terbiasa melakukan komunikasi baik secara lisan maupun tulisan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Har p |
Keywords: | Koneksi matematika; Representasi matematika; Aktivitas belajar; Guru; Konstruktivisme; Contextual teaching and learning |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4302 |