Sirait, Arsudin (2020) Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Role Playing dan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Pengukuran Listrik Siswa Kelas X Jurusan TIPTL SMK N 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133331008 COVER.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
2. NIM. 5133331008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3. NIM. 5133331008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 5133331008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 5133331008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 5133331008 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 5133331008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 5133331008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM. 5133331008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM. 5133331008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
14. NIM. 5133331008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Role Playing dan model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Pengukuran Listrik Siswa Kelas X Jurusan TIPTL SMK N 1 Percut Seituan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMK N 1 Percut Sei Tuan Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil dua kelas, yaitu kelas X-TIPTL 1 sebagai kelas Kooperatif Role Playing dan kelas X-TIPTL 2 sebagai kelas Problem Based Learning, yang masing-masing kelas berjumlah 24 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 25 butir. Hasil pengujian posttest sesudah diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas Kooperatif Role Playing adalah 22.45 dengan standar deviasi 1.61 dan skor rata-rata di kelas Problem Based Learning 19.20 dengan standar deviasi 1.71. Pada pengujian data posttest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan yang sama. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 10.35 dan ttabel = 2.06. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu hasil belajar Model Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Role Playing memberikan hasil belajar pada pelajaran Dasar dan pengukuran listrik yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning pada siswa kelas X TIPTL SMK N 1 Percut Sei Tuan Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Role Playing , Model Pembelajaran Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 07:27 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43017 |