Faisal, Muhammad (2014) PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN HERBARIUM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106173007 Judul.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. 8106173007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (991kB) | Preview
3. 8106173007 Abstrak.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. 8106173007 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. 8106173007 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 8106173007 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 8106173007 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8106173007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. 8106173007 Bab I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
10. 8106173007 Bab V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
11. 8106173007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media video pembelajaran pembuatan herbarium terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan, (3) interaksi media video pembelajaran pembuatan herbarium dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan pada tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2012 Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2012 kelas reguler A dan kelas reguler B yang dipilih secara cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain faktorial 2x2. Seluruh data dianalisa dengan menggunakan program SPSS 19 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh media video pembelajaran yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa (Fhitung = 14,188, P=0,000), (2) terdapat pengaruh motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar siswa (Fhitung = 71,256, P=0,000), dan (3) terdapat interaksi media video pembelajaran dan motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa (Fhitung = 8,852, P=0,004).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 578.075 2 Fai p |
Keywords: | Media pembelajaran; Video pembelajaran; Pembelajaran konvensional; Motivasi; Tumbuhan; Taksonomi |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4299 |