Lumbantobing, Andi Saputra (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Blog Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar Kelas X TAV SMK Negeri 2 Sibolga Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5152131003 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM. 5152131003 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
3. NIM. 5152131003 ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
4. NIM. 5152131003 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM. 5152131003 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 5152131003 ILLUSTRATION. pdf.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 5152131003 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
8. NIM. 5152131003 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5152131003 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
13. NIM. 5152131003 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
14. NIM. 5152131003 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Elektronika Dasar kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Sibolga. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Sibolga, Jalan Jenderal Maraden Panggabean No.18 Sibolga Utara, Kota Sibolga. Dengan jumlah sample dalam penelitain 25 orang siswa kelas X Teknik Audio Video. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dan dipadukan dengan model pembelajaran ADDIE (Analisys, Design, Develompment, Implementation, Evaluation). Dari data yang diperoleh melalui angket yang ada, secara keseluruhan respon menilai media pembelajaran menggunakan Web Blog sangat efektif dan layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran berbasis multimedia. Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh ahli materi menunjukkan rata – rata penilaian sebesar 4,62 dan dinyatakan “sangat layak/baik”, dan pengujian terhadap ahli praktisi menunjukkan rata – rata 4,4 dan dinyatakan “sangat baik dan layak”. Pengujian kepada siswa dilakukan secara dua tahap dimana hasil pengujian I memiliki rata – rata sebesar 4, 52 dan dikategorikan “Sangat Baik” dan pengujian II memiliki rata – rata sebesar 4,58 dan dikategorikan “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil pengelolaan data sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Web Blog pada mata pelajaran elektronika dasar diperoleh kevalidan mencapai peningkatan hasil belajar dengan pre - test dan post – test, yaitu 57,2 < 80 dan dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan web blog pada mata pelajaran elektronika dasar dinyatakan cukup efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,53 dan Berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji efektivitas pengujian tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat efektif, baik dan layak untuk dijadikan media pembelajaran dengan materi komponen elektronik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Blog, Research And Development (R&D), ADDIE, Komponen Elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 05:40 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 05:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42966 |