Nazliah, Rahmi (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA DAN MOTIVASI DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT GERAK SMA NEGERI 1 KUALUH HULU AEK KANOPAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116173020 Judul.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. 8116173020 Lembar Pengesahan .pdf - Published Version
Download (625kB) | Preview
3. 8116173020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. 8116173020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. 8116173020 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
6. 8116173020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 8116173020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. 8116173020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. 8116173020 Bab I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
10. 8116173020 Bab V.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
11. 8116173020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh multimedia dalam strategi pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan; (2) pengaruh motivasi dalam strategi pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan; (3) interaksi antara strategi pembelajaran problem solving menggunakan multimedia dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan; (4) pengaruh multimedia dalam strategi pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan; (5) pengaruh motivasi dalam strategi pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan; dan (6) interaksi antara strategi pembelajaran problem solving menggunakan multimedia dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan.Subjek dalam penelitian ini diambil sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak teknik cluster sampling, yang mengambil 3 kelas dengan jumlah sampel tiap kelas 35 orang. Metode penelitian menggunakan penelitian quasi-eksperimen (quasi experiment) dengan rancangan kelompok pretest-posttest experiment group design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan strategi pembelajaran problem solving dengan camtasia dengan siswa menggunakan strategi pembelajaran problem solving dengan power point pada materi sistem gerak (Fhitung > Ftabel (9,357 > 3,49)); (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada materi sistem gerak (Fhitung > Ftabel (21,773 > 3,49)); (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran problem solving menggunakan multimedia dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem gerak (Fhitung > Ftabel (4,210 > 3,49)); (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran problem solving dengan camtasia dengan siswa menggunakan strategi pembelajaran problem solving dengan power point pada materi sistem gerak (Fhitung > Ftabel (6,414 > 3,49)); (5) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada materi sistem gerak (Fhitung > Ftabel (12,922 > 3,49)); dan (6) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran problem solving menggunakan multimedia dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak (Fhitung > Ftabel (6,841 > 3,49)).Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajaran problem solving dan motivasi belajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.707 12 Naz p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Problem solving; Berpikir kritis; Alat gerak; Biologi; Multimedia |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 03 Jun 2016 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4296 |