LUBIS, AMINAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA TEMA 6 (CITA-CITAKU) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 DI SDN 104202 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111006_COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM. 1161111006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1161111006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM. 1161111006_KATA PEGANTAR.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
5. NIM. 1161111006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
6. NIM. 1161111006_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. NIM. 1161111006_BAB V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
11. NIM. 1161111006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran tematik di kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran The Learning Cell menggunakan media audiovisual pada tema 6 (cita-citaku) terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN 104202 Bandar Setia Kabupaten Deli Serdang T.A 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A SD Negeri 104202 Bandar Setia T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini menggunakan target population adalah seluruh kelas IV A sebanyak 27 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu kelas IV A sebanyak 27 siswa. Teknik sampel penelitian ini diambil dari sejumlah keseluruhan populasi karena semua siswa dijadikan sebagai subjek penelitian. Dengan demikian anggota populasi dan sampel penelitian ini
adalah sama. Instrumen dalam penelitian ini yaitu; (1) Lembar observasi; (2) Tes bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik pengumpulan data adalah Observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan
menggunakan rumus uji t dengan menggunakan uji paired sample t test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar pada tema 6 subtema 2 dan pembelajaran ke-3 dengan menggunakan model pembelajaran the learning cell menggunakan media audiovisual di kelas IV SD Negeri 104202 Bandar Setia, percut sei tuan. Berdasarkan analisis uji
perbandingan rata-rata nilai pretest diperoleh 63,33 sementara perolehan nilai rata-rata posttest yaitu 70,37. Kemudian berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% dengan nilai signifikansi yaitu 0,003 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05). t hitung mempunyai nilai negatif (-), t tabel juga turut menyesuaikan menjadi negatif (-) atau pengujian hipotesis dilakukan pada sisi kiri. Berdasarkan hal tersebut, maka t hitung (-3,342) > t tabel (-2,056) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model
pembelajaran The Learning Cell menggunakan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas 4 SD N 104202 Bandar Setia T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran the learning cell, Media audiovisual, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 06:46 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 06:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42953 |