NAPITUPULU, ELLISA YANTI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SD NEGERI NO. 104307 BUNGA TANJUNG KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111026_COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM. 1161111026_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
3. NIM. 1161111026_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
4. NIM. 1161111026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (815kB) | Preview
5. NIM. 1161111026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
6. NIM. 1161111026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
7. NIM. 1161111026_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 1161111026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
9. NIM. 1161111026 _BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 1161111026_BAB V.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
14. NIM. 1161111026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Pembelajaran 1 dan Pembelajaran 2 kelas V SD Negeri No. 104307 Bunga Tanjung Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pelajaran 2019/2020?”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kit Kelas V SD Negeri No. 104307 Bunga Tanjung Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termaksud penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 25 siswa dan siswa kelas VB yang berjumlah 25 siswa juga. Instrumen penelitian yang digunakan dengan menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 40 butir soal, dimana sebelumnya sudah diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes.
Berdasarkan data dari hasil penelitian dan kemudian dianalisis diperoleh rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar (53,16) dan rata-rata kelas kontrol (45,84), rata-rata postest kelas eksperimen (88,36) dan rata-rata kelas kontrol (67,96). Pada hasil uji normalitas data pretest dengan taraf signifikansi (α = 0,05) Lhitung < Ltabel, maka pada kelas eksperimen diperoleh hasil (0,096 < 0,173) dan data pada kelas kontrol (0,084 < 0,173). Sehingga dapat dinyatakan kedua data tersebut berdistribusi normal. Pada hasil uji normalitas data postest dengan ketentuan Lhitung < Ltabel, maka pada kelas eksperimen diperoleh hasil (0,142 < 0,173) dan data pada kelas kontrol (0,133 < 0,173). Sehingga dapat dinyatakan kedua data tersebut berdistribusi normal. Pada hasil uji homogenitas data pretest dengan ketentuan Fhitung < Ftabel, diperoleh hasil (1,06 < 1,98,) dan uji homogenitas postest dengan ketentuan yang sama hasil diperoleh (1,82 < 1,98) maka data memiliki varians sampel bersifat homogen. Dilakukan uji t pada taraf siginifikansi (α = 0,05) thitung > ttabel yaitu (7,148 > 2,011), maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Pada peningkatan hasil belajar pada siswa
kelas eksperimen sebesar 39,83% dan kelas kontrol perubahan peningkatan hasil belajarnya adalah 32,54%. Peneliti dapat menyimpulkan ‘’Adanya pengaruh model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri No. 104307 Bunga Tanjung Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pelajaran 2019/2020’’.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinesthetic), Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 02:12 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 15:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42941 |