LESTARI, EFI (2020) PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL PENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 2 SEI RAMPAH TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153151009_COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 1153151009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1153151009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. NIM. 1153151009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
5. NIM. 1153151009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
6. NIM. 1153151009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM. 1153151009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM. 1153151009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM. 1153151009_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 1153151009_BAB V.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
14. NIM. 1153151009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling individual pendekatan behavioristik terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Sei Rampah Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan desain Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas VIII-2 yang tingkat disiplin belajarnya rendah. Instrumen yang digunakan adalah angket disiplin belajar. Dari 45 item angket yang diuji cobakan kepada 32 siswa dari kelas VIII-1 diperoleh 40 item angket yang valid dan 5 yang tidak valid. Berdasarkan hasil perhitungan yang menggunakan rumus Cronbach alpha, reliabilitas diketahui 0,813 dan setelah dibandingkan dengan indeks korelasi termasuk dalam kategori reliabilitas sangat tinggi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh layanan konseling individual pendekatan behavioristik terhadap disiplin belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 68,75 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 142. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 5 sedangkan Jtabel = 0. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 4, α = 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 5 > 0, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh layanan konseling individual pendekatan behavioristik terhadap disiplin belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Sei Rampah Tahun Ajaran 2019/2020 atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Individual; Pendekatan Behavioristik; Disiplin Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 05 Jul 2021 17:19 |
Last Modified: | 05 Jul 2021 17:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42927 |