Lestari, Desi Rika (2020) Upaya Pemberantasan Buta Aksara Melalui Program Keaksaraan Fungsional Oleh PKBM Prestasi Gemilang. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1152171002_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 1152171002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. NIM. 1152171002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM. 1152171002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM. 1152171002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 1152171002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1152171002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1152171002_BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
12. NIM. 1152171002_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM. 1152171002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah 1) Kurangnya minat masyarakat dalam pendidikan, 2) Terisolasinya kediaman penduduk sehingga sulit memperoleh akses pendidikan keaksaraan, 3) Media pembelajaran juga menjadi kendala sehingga mereka mengalami kesulitan dalam menerima dan mengingat materi yang telah diberikan, 4) Kurangnya tenaga pengajar keaksaraan sehingga menjadi salah satu kendala dalam proses kegiatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan upaya pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam memberantas buta aksara oleh PKBM Prestasi Gemilang di Lubuk Pakam. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sample dalam penelitian ini berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam menguji keabsahan data digunakan dengan cara triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, upaya pengelola dalam memberantas buta aksara melalui Program Keaksaraan Fungsional yaitu melalui program keaksaraan usaha mandiri dengan tahapan, (1) Dengan melakukan sosialisasi, (2) Dengan melakukan rekruitmen/pendataan calon warga belajar keaksaraan, (3) Pelaksanaan dan pembinaan untuk warga belajar keaksaraan, dan (4) Pemberian sertifikat bagi warga belajar yang telah selesai mengikuti Program Keaksaraan Fungsional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PLS-003 |
Keywords: | Buta aksara; Keaksaraan fungsional; Prestasi gemilang |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology > LC213 Educational equalization. Right to education |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 02:53 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42917 |