Tarigan, Anjelia (2021) Relasi Sosial Guru, Orang Tua dan Siswa Dalam Proses Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3173122005 COVER.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
2. NIM. 3173122005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
3. NIM. 3173122005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4. NIM. 3173122005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
5. NIM. 3173122005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
6. NIM. 3173122005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
10. NIM. 3173122005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
11. NIM. 3173122005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Pandemi covid-19 telah berdampak terhadap perubahan sistem pembelajaran tatap muka ke sistem pembelajaran daring serta memunculkan permasalahan yang dirasakan oleh guru maupun siswa selama proses belajar mengajar. Dalam menghadapi permasalahan pembelajaran daring tersebut diperlukan adanya relasi sosial antara guru, orang tua dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk relasi sosial guru, orang tua dan siswa dalam proses belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam dan menggambarkan proses belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan teori George Simmel tentang relasi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu guru, orang tua dan siswa di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam. Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan sistem pembelajaran dari sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring nyatanya memunculkan permasalahan yang dialami oleh guru, orang tua dan siswa dalam membangun relasi sosial, hal ini dikarenakan adanya faktor penghambat dari pada terbentuknya relasi sosial tersebut yang dimana sistem pembelajaran daring mengakibatkan pembatasan terhadap segala aktivitas belajar mengajar. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa adanya kesesuaian antara konsep triad yang dinyatakan oleh George Simmel dengan proses belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam, hal ini dapat dilihat antara guru, orang tua dan siswa yang saling berusaha dalam membangun relasi sosial selama proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19, namun dalam penerapannya konsep triad pada relasi sosial dalam proses belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam sepenuhnya tidak dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-ANTRO-028 |
Keywords: | Relasi Sosial; Proses Pembelajaran Daring; Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 09:34 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 09:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42902 |