Relasi Sosial Guru, Orang Tua dan Siswa Dalam Proses Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam

Tarigan, Anjelia (2021) Relasi Sosial Guru, Orang Tua dan Siswa Dalam Proses Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3173122005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3173122005 COVER.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3173122005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3173122005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3173122005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3173122005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3173122005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3173122005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3173122005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3173122005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3173122005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3173122005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 3173122005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 3173122005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 3173122005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 3173122005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 telah berdampak terhadap perubahan sistem pembelajaran tatap muka ke sistem pembelajaran daring serta memunculkan permasalahan yang dirasakan oleh guru maupun siswa selama proses belajar mengajar. Dalam menghadapi permasalahan pembelajaran daring tersebut diperlukan adanya relasi sosial antara guru, orang tua dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk relasi sosial guru, orang tua dan siswa dalam proses belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam dan menggambarkan proses belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan teori George Simmel tentang relasi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini yaitu guru, orang tua dan siswa di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam. Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan sistem pembelajaran dari sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring nyatanya memunculkan permasalahan yang dialami oleh guru, orang tua dan siswa dalam membangun relasi sosial, hal ini dikarenakan adanya faktor penghambat dari pada terbentuknya relasi sosial tersebut yang dimana sistem pembelajaran daring mengakibatkan pembatasan terhadap segala aktivitas belajar mengajar. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa adanya kesesuaian antara konsep triad yang dinyatakan oleh George Simmel dengan proses belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam, hal ini dapat dilihat antara guru, orang tua dan siswa yang saling berusaha dalam membangun relasi sosial selama proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19, namun dalam penerapannya konsep triad pada relasi sosial dalam proses belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam sepenuhnya tidak dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2021-ANTRO-028
Keywords: Relasi Sosial; Proses Pembelajaran Daring; Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education
L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 01 Jul 2021 09:34
Last Modified: 01 Jul 2021 09:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42902

Actions (login required)

View Item
View Item