Pranata, Yudha (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Organ Gerak Hewan Dan Manusia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Di Kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1153311082_COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
2. NIM.1153311082_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM.1153311082_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM.1153311082_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
5. NIM.1153311082_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
6. NIM.1153311082_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
7. NIM.1153311082_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
8. NIM.1153311082_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
9. NIM.1153311082_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 1153311082_BAB V.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
14. NIM.1153311082_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas VA SD Negeri 107400 Bandar Khalipah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Jenis Penelitian ini adlah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 107400 Bandar Khalipah. Subjek Penelitian ini adalah siswa di Kelas VA SD Negeri 107400 Bandar Khalipah T.A. 2019/2020 yang berjumlah 30 orang siswa terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari tahap awal (pre tes) dan dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data pada pre test diperoleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 9 orang siswa (30%) yang tuntas belajar dan 21 orang (70%) yang belum tuntas belajar. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa sebanyak 18 orang siswa (60%) yang tuntas dan 12 orang siswa (40%) yang belum tuntas belajar. Pada siklus II diperoleh peningkatan ketuntasan belajar siswa sebanyak 26 orang siswa (87%) yang tuntas belajar dan 4 orang siswa (13%) yang belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil observasi guru (peneliti) pada siklus I pertemuan 1 hasil observasi peneliti sebesar 64%, sedangkan pada pertemuan 2 hasil observasi peneliti meningkat 72%, maka dapat disimpulkan bahwa peneliti dalam mengajar tergolong cukup baik dengan nilai rata-rata 68% Berdasarkan hasil observasi guru (peneliti) pada siklus II pertemuan 1 hasil observasi peneliti sebesar 80%, sedangkan pada pertemuan 2 hasil observasi peneliti meningkat menjadi 88%, maka dapat disimpulkan bahwa peneliti dalam mengajar tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah T.A. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PGSD-007 |
Keywords: | Two Stay Two Stray; Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 09:06 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42897 |