Purba, Chairullah Alawy (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas V SDN 108028 Pergajahan Kahan T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1153111009_COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM. 1153111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (690kB) | Preview
3. NIM. 1153111009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 1153111009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
5. NIM. 1153111009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
6. NIM. 1153111009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM. 1153111009_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM. 1153111009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
9. NIM. 1153111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
10. NIM. 1153111009_BAB I.pdf - Published Version
Download (816kB) | Preview
14. NIM. 1153111009_BAB V.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
15. NIM. 1153111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 108028 Pergajahan Kahan di kelas V pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian sebanyak 12 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pemberian tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data bahwa pada saat pre tes dari 12 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 2 siswa (16,67%) dan sebanyak 10 siswa (83,33%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 45,41. Setelah diberikan tindakan pada siklus I diperoleh sebanyak 5 siswa (41,67%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 7 siswa (58,33%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 62. Pada siklus II diperoleh sebanyak 10 siswa (83,33%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 2 siswa (16,67%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 80,83. Hasil observasi kemampuan mengajar guru pada siklus I pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 73,21% (tinggi) dan pada pertemuan kedua diperoleh persentase sebesar 78,57% (tinggi). Kemudian pada siklus II pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 83,92% (sangat tinggi) dan pada pertemuan kedua diperoleh persentase sebesar 89,28% (sangat tinggi). Kemudian hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 73,33% (tinggi) dan pada pertemuan kedua diperoleh persentase sebesar 78,33% (tinggi). Kemudian pada siklus II pertemuan pertama diperoleh persentase sebesar 88,33% (sangat tinggi) dan pada pertemuan kedua diperoleh persentase sebesar 91,67% (sangat tinggi). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 108028 Pergajahan Kahan T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PGSD-009 |
Keywords: | Hasil belajar; Jigsaw; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 08:54 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42892 |