Pratiwi, Anisa (2020) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Reinforcement Positif Terhadap Motivasi Belajar Kelas VIII Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1151151004_COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 1151151004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
3. NIM. 1151151004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4. NIM. 1151151004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (683kB) | Preview
5. NIM. 1151151004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
6. NIM. 1151151004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1151151004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 1151151004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM. 1151151004_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 1151151004_BAB V.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
14. NIM. 1151151004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Reinforcement Positif Terhadap Motivasi Belajar Kelas VIII Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan desain Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII-5 yang motivasi belajarnya rendah. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar. Dari 50 item angket yang diuji cobakan kepada 35 siswa dari kelas VIII-7 diperoleh 40 item angket yang valid dan 10 yang tidak valid. Berdasarkan hasil perhitungan yang menggunakan rumus Cronbach alpha, reliabilitas diketahui 0,89 dan setelah dibandingkan dengan indeks korelasi termasuk dalam kategori reliabilitas sangat tinggi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Reinforcement Positif Terhadap Motivasi Belajar siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 73,37 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 133,87. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 15,5 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 8, α = 0,05 sesuai dengan kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung > Jtabel di mana 15,5 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Reinforcement Positif Terhadap Motivasi Belajar Kelas VIII Tahun Ajaran 2019/2020atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-BK-004 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Reinforcement positif; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 07:35 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42878 |