BR SIMANJUNTAK, YUNI ARTHA (2020) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA SMA SWATA TELADAN MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3163121034 COVER.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
2. NIM. 3163121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (876kB) | Preview
3. NIM. 3163121034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. NIM. 3163121034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
5. NIM. 3163121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
6. NIM. 3163121034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
7. NIM. 3163121034 TABLES.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
8. NIM. 3163121034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
9. NIM. 3163121034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 3163121034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
14. NIM. 3163121034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe think, pair, share (Tps) terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPA SMA Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Sampling yaitu pengambilan sampel didasarkan pada hasil belajar sejarah peserta didik yang rendah yaitu kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik setiap kelas sebanyak 42 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan instrumen penelitian yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah “uji-t” pada taraf signifikan α = 0.05 diperoleh t hitung > t tabel (7,70 > 1,66) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik yang menggunakan model cooperative learning tipe think, pair, share (TPS) lebih tinggi dari pada peserta didik yang menggunakan model konvensional dengan kata lain ada pengaruh model cooperative learning tipe think, pair, share (Tps) terhadap hasil belajar sejarah siswa. Selain meningkatnya hasil belajar peserta didik, aktivitas proses pembelajaran peserta didik dengan menggunakan model cooperative learning tipe think, pair, share (TPS) diperoleh rata-rata pengamatan sebesar 86% tergolong kategori sangat baik sedangkan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan model konvesional peran peserta didik tidak begitu aktif mengikuti proses pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Cooperative Learning Think, Pair, Share (TPS), Hasil Belajar Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 14:47 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 14:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42871 |