PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA SMA SWATA TELADAN MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

BR SIMANJUNTAK, YUNI ARTHA (2020) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA SMA SWATA TELADAN MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 3163121034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3163121034 COVER.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3163121034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3163121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (876kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3163121034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3163121034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3163121034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3163121034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (819kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3163121034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3163121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3163121034 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3163121034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3163121034 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3163121034 TABLES.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3163121034 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3163121034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 3163121034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 3163121034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3163121034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3163121034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 3163121034 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 3163121034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe think, pair, share (Tps) terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPA SMA Swasta Teladan Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Sampling yaitu pengambilan sampel didasarkan pada hasil belajar sejarah peserta didik yang rendah yaitu kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik setiap kelas sebanyak 42 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan instrumen penelitian yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah “uji-t” pada taraf signifikan α = 0.05 diperoleh t hitung > t tabel (7,70 > 1,66) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik yang menggunakan model cooperative learning tipe think, pair, share (TPS) lebih tinggi dari pada peserta didik yang menggunakan model konvensional dengan kata lain ada pengaruh model cooperative learning tipe think, pair, share (Tps) terhadap hasil belajar sejarah siswa. Selain meningkatnya hasil belajar peserta didik, aktivitas proses pembelajaran peserta didik dengan menggunakan model cooperative learning tipe think, pair, share (TPS) diperoleh rata-rata pengamatan sebesar 86% tergolong kategori sangat baik sedangkan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan model konvesional peran peserta didik tidak begitu aktif mengikuti proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Cooperative Learning Think, Pair, Share (TPS), Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jun 2021 14:47
Last Modified: 30 Jun 2021 14:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42871

Actions (login required)

View Item
View Item