PAMUNGKAS, OKTORIO PUTRA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA MATERI PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME EROPA DI INDONESIA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERHADAP PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALISME PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SECANGGANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3152121018 COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2. NIM. 3152121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 3152121018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 3152121018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
5. NIM. 3152121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (536kB) | Preview
6. NIM. 3152121018 TABLES.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
7. NIM. 3152121018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM. 3152121018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
9. NIM. 3152121018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 3152121018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
14. NIM. 3152121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan adanya pengaruh penggunaan media film dokumenter dalam materi perkembangan kolonialisme dan imperialisme Eropa di Indonesia pada mata pelajaran IPS terhadap penguatan pendidikan karakter peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 1 Secanggang. Populasi penelitian sebanyak 182 orang dan sampel penelitian sebanyak 74 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design yang membagi sampel penelitian menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner skala likert nasionalisme yang menggunakan 5 kriteria penilaian yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju yang telah dinyatakan reliabel setelah diuji coba dan divalidasi. Pengolah data yang digunakan adalah aplikasi SPSS 18. Hasil penelitian menjelaskan adanya pengaruh penggunaan media film dokumenter terhadap penguatan pendidikan karakter nasionalisme peserta didik yang dijelaskan menggunakan analisis uji t dengan perolehan nilai t hitung > t tabel (1,155 > 0,136) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | penguatan pendidikan karakter, nasionalisme, film dokumenter |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 13:42 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 13:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42865 |