Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Praktek Bakery Pastry Siswa SMK Pariwisata Imelda Medan

Heartami, Dona (2010) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Praktek Bakery Pastry Siswa SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 5153342004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5153342004 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5153342004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5153342004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5153342004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5153342004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5153342004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5153342004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5153342004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5153342004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5153342004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5153342004 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5153342004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5153342004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5153342004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5153342004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5153342004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5153342004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5153342004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5153342004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5153342004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5153342004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui hasil praktek siswa yang menggunakan metode demonstrasi pada pelajaran Bakery Pastry (2) Untuk mengetahui hasil praktik siswa yang menggunakan metode konvensional pada pelajaran Bakery Pastry (3) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil praktek siswa pada pelajaran Bakey Pastry.
Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Pariwisata Imelda Medan. Waktu penelitian pada bulan Oktober 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Jasa Boga kelas XI sebanyak 2 kelas yang berjumlah 61 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling sehingga yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas JB-2 berjumlah 30 orang untuk kelas eksperimen dan kelas JB-1 berjumlah 31 orang untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan uji F, dan uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil praktek bakery pastry pada materi cokelat praline pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode demonstrasi diperoleh rata-rata sebesar 89,8 dan standar deviasi 4 dengan tingkat kecenderungan nilai yang tinggi sebesar 93% sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata 76,9 dan standar deviasi 3 dengan tingkat kecenderungan nilai kategori cukup sebesar 94%. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel (5,03 > 1,670) pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada metode demonstrasi terhadap hasil praktek bakery pastry siswa SMK Pariwisata Imelda Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode demonstrasi, Hasil praktek, Bakery Pastry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:51
Last Modified: 08 Dec 2023 09:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42835

Actions (login required)

View Item
View Item