Sinaga, Lady Gratia (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Ilmu Gizi Siswa SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133142019 COVER.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
2. NIM 5133142019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
3. NIM 5133142019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4. NIM 5133142019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 5133142019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
6. NIM 5133142019 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 5133142019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM 5133142019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
12. NIM 5133142019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13. NIM 5133142019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Time Token pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi,
(2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Time Token pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi, (3) Pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar Ilmu Gizi. Lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah 60 orang. Kelas X-1 berjumlah 30 orang dan kelas X-2 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas menggunakan uji F, dan uji hipotesis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunanaan Model Pembelajaran Time Token pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 86,67 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Time Token pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi termasuk kategori cenderung cukup sebesar 63,3 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal dengan nilai kelas eksperimen (Xhitung = 9,95 < Xtabel = 11,07), kelas kontrol (Xhitung = 8,30 < Xtabel = 11,07). Untuk hasil uji homogenitas diperoleh nilai F_(hitung )= 1,15 dan F_(tabel )= 1,95, maka dapat disimpulkan F_(hitung )<F_(tabel )(1,18< 1,95) yang berarti data hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Time Token dan hasil belajar yang tidak menggunakan model pembelajaran Time Token adalah homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Penggunaan Model Pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar Ilmu Gizi dengan nilai t_(Hitung )> t_(Tabel )(8,96>1,671) pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar Ilmu Gizi di kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Time Token, Ilmu Gizi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 02:27 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42828 |