Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Ilmu Gizi Siswa SMK Negeri 3 Pematangsiantar

Sinaga, Lady Gratia (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Ilmu Gizi Siswa SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5133142019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5133142019 COVER.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5133142019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5133142019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5133142019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5133142019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5133142019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5133142019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5133142019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5133142019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5133142019 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5133142019 TABLES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5133142019 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5133142019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5133142019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5133142019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 5133142019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 5133142019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5133142019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5133142019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Time Token pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi,
(2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Time Token pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi, (3) Pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar Ilmu Gizi. Lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah 60 orang. Kelas X-1 berjumlah 30 orang dan kelas X-2 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas menggunakan uji F, dan uji hipotesis menggunakan uji t.

Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunanaan Model Pembelajaran Time Token pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi termasuk kategori cenderung tinggi sebesar 86,67 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Time Token pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi termasuk kategori cenderung cukup sebesar 63,3 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal dengan nilai kelas eksperimen (Xhitung = 9,95 < Xtabel = 11,07), kelas kontrol (Xhitung = 8,30 < Xtabel = 11,07). Untuk hasil uji homogenitas diperoleh nilai F_(hitung )= 1,15 dan F_(tabel )= 1,95, maka dapat disimpulkan F_(hitung )<F_(tabel )(1,18< 1,95) yang berarti data hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Time Token dan hasil belajar yang tidak menggunakan model pembelajaran Time Token adalah homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Penggunaan Model Pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar Ilmu Gizi dengan nilai t_(Hitung )> t_(Tabel )(8,96>1,671) pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar Ilmu Gizi di kelas X SMK Negeri 3 Pematangsiantar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Time Token, Ilmu Gizi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 30 Jun 2021 02:27
Last Modified: 30 Jun 2021 02:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42828

Actions (login required)

View Item
View Item