Sihombing, Charla Stepania (2020) Peran Guru Muuatan Lokal (MLD) Dalam Melestarikan Budaya Karo Di Sekolah Dasar (SD) 040457 Berastagi. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3163122007 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 3163122007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
3. NIM. 3163122007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 3163122007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 3163122007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 3163122007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 3163122007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
11. NIM. 3163122007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
12. NIM. 3163122007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran seorang guru dalam melestarikan budaya Karo melalui mata pelajaran muatan lokal. Selain itu penelitian ini juga ingin melihat strategi yang digunakan guru muatan lokal dalam mengajar di kelas. Adapun dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian adalah Bapak Kepala Sekolah serta para guru wali kelas yang mengajar muatan lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi terkait dengan peran guru dalam melestarikan budaya Karo di Sekolah Dasar (SD) 040457 Berasatagi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pengelompokan data, reduksi data, dann penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa guru memiliki peran lain selain peran utama mereka mendidik, mengajar, mengarahkan dan membimbing. Peran itu adalah melestarikan budaya daerah melalui pelajaran muatan lokal di sekolah. Dalam melsstarikan budaya para guru mengajarkan peserta didik tidak hanya mengenai bahasa Karo saja namun adat dan tradisi etnis Karo pun diajarkan guru kepada peserta didik. Dalam kegiatan balajar mengajar guru menerapkan beberapa strategi pembelajaran untuk mempermudah peserta didik memahami materi yang diajarkan. Dalam pemilihan metode pembelajaran guru menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Pelestarian budaya ini perlu dilakukan mengingat peserta didik sebagai generasi penerus banyak yang sudah tidak mengenal budaya daerahnya, sehingga melalui mutan lokal ini guru berharap agar peserta didik akan lebih mencintai budaya daerahnya dan dapat mengembangkan potensi yg dimiliki daerahnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-ANTRO-042 |
Keywords: | muatan lokal daerah; peran guru; pelestarian budaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 03:55 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42779 |