Nur, Irwansyah (2014) PRESTASI SISWA ETNIS BATAK TOBA DESA SERDANG KECAMATAN BERINGIN DI SMA NEGERI 1 BATANGKUIS KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 809525009 Judul.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
2. 809525009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
3. 809525009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
4. 809525009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. 809525009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
6. 809525009 Bab I.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
7. 809525009 Bab V.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
8. 809525009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan apa saja faktor sosial budaya yang mempengaruhi Prestasi Siswa Etnis Batak Toba desa Serdang Kecamatan Beringin Di SMA Negeri 1 Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Bagaimana prestasi siswa etnis Batak Toba serta bagaimana peran orang tua atau keluarga dalam mendukung pendidikan anak-anaknya agar berprestasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dari etnis Batak Toba Desa Serdang, Kecamatan Beringin tidak satupun yang berprestasi antara rangking 1-10 di setiap tingkatan kelas.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengembangannya metode deskriptif. Data-data dihimpun dari dokumen pihak sekolah SMA Negeri 1 Batang Kuis, melakukan observasi atau pengamatan terhadap prilaku siswa etnis Batak Toba di sekolah maupun di lingkungan pergaulan di luar sekolah serta dengan memanfaatkan literatur untuk menambah pengetahuan.Anak-anak etnis Batak Toba yang ada di SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berasal dari desa Serdang tidak menunjukkan adanya prestasi yang memuaskan. Faktor sosial budaya yang mempengaruhi rendahnya prestasi siswa etnik batak toba desa Serdang di SMA Negeri 1 Batang Kuis yaitu disebabkan oleh keadaan ekonomi atau kemiskinan, pola asuh orang tua yang kurang baik dalam mendidik dan mengawasi anak-anak, serta pendidikan orang tua yang rendah mengakibatkan ketidaktahuan orang tua tentang pendidikan anak-anaknya. Kemiskinan yang dihadapi keluarga etnis Batak Toba di desa Serdang tentu mempengaruhi prestasi belajar terutama dalam penyediaan fasilitas belajar seperti buku, alat tulis dan pemilihan sekolah serta kadang kala siswa kurang percaya diri akibat keadaan ekonomi keluarga. Pola asuh yang cenderung pembiaran anak sepulang dari sekolah dan tidak memperhatikan anak maka anak-anak akan cenderung menyimpang, dan lingkungan pergaulan yang cenderung tidak mencerminkan lingkungan berpendidikan. Lingkungan siswa yng kumuh, banyak pengangguran, dan anak terlantar sehingga siswa sulit mendapatkan teman belajar, diskusi, dan meminjam alat-alat belajar yang tidak dimilikinya.Tingkat prestasi siswa rendah dan bahkan tidak satupun dari keseluruhan siswa SMA Negeri 1 Batang kuis yang memiliki prestasi 1 sampai 10. Pola perilaku tidak begitu antusias dengan prestasi dan sekolah dan berpendapat bahwa tidak begitu penting prestasi yang penting dapat sekolah dan memiliki ijazah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 306.432 Nur p |
Keywords: | Multikultural; Kemiskinan; Pendidikan; Kebudayan; Prestasi belajar; Ambisius; Lingkungan; Batak toba |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Antropologi Sosial |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 May 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4277 |