Yakub, Muhamad (2014) BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH (STUDI KASUS SMA NEGERI 1 KISARAN, SUMATERA UTARA). Masters thesis, UNIMED.
1. 81061520210 Judul.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. 81061520210 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3. 81061520210 Abstrak.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. 81061520210 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. 81061520210 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
6. 81061520210 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. 81061520210 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. 81061520210 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
9. 81061520210 Daftar Dokumen.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
10. 81061520210 Bab I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
11. 81061520210 Bab V.pdf - Published Version
Download (799kB) | Preview
12. 81061520210 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Pendidikan formal maupun informal sebagai ujung tombak membangun pemimpin-pemimpin berkarakter masa depan. Untuk itu pendidikan merupakan kebijakan publik dimana penyelenggaraan, aksesibiltas, ketersediaan fasilitas dan kualitas layanan merupakan tanggung jawab pemerintah. Dalam rangka meningkatkan kemajuan pendidikan formal dan informal di Indonesia, DPR telah menetapkan kewajiban pemerintah untuk mengalokasikan dana pendidikan sebesar 20% dari APBN maupun APBD. Sekolah merupakan instrumen terkecil dimana pendidikan diselenggarakan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Dalam sistem pendidikan banyak pihak menyebutkan bahwa budaya organisasi menjadi kunci keberhasilan organisasi pendidikan, namun sedikit sekali yang melihat bagaimana peran budaya sekolah dalam mendorong pencapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana peneliti mengumpulkan data-data lapangan melalui dokumen-dokumen cetak, visual dan audio visual, melakukan wawancara dan observasi lapangan. Dari data-data tersebut penulis melakukan kontrol, pengkategorian dan mengontrol perkembangan data. Data kemudian dianalisis dengan membandingkan data satu sama lain. Kemudian dari data yang telah dikategorikan tersebut, penulis menarik kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat budaya organisasi SMA Negeri 1 Kisaran yang mengakar kuat selama 44 tahun sejak berdirinya sekolah, meskipun pimpinan organisasi berganti-ganti. Terdapat stratifikasi, sistem religi, dan kekerabatan didalam budaya sekolah SMA Negeri 1 Kisaran. Simbolik di budaya sekolah SMA Negeri 1 Kisaran memberikan motivasi dan semangat berprestasi untuk tidak mengenal lelah dan putus asa, serta selalu berupaya mengejar prestasi. Penulis menemukan wajah pendidikan kita yang masih menyelenggarakan bisnis buku disekolah karena tidak mampu dan tidak efektifnya Kementrian Pendidikan Nasional menjawab persoalan lama didalam pendidikan Indonesia. Disamping itu, UN sebagai sistem ujian akhir pendidikan, ditelisik ternyata telah melakukan pelanggaran atas hak anak sebagai subjek pendidikan. Terlihat juga melalui UN bahwa secara nasional ternyata sistem pendidikan Indonesia tidak visioner. Konon lagi sekolah masih menjadi mesin ATM bagi wartawan bodrek dan LSM plat merah yang menakut-nakuti kepala sekolah apabila tidak memberikan uang kepada pihak-pihak tersebut. Hal ini tentunya merusak kewibawaan sekolah, guru dan penyelenggara pendidikan.Kesimpulan : Budaya organisasi sekolah SMA Negeri 1 Kisaran memiliki kemampuan dalam melakukan integrasi internal serta melakukan adaptasi ekternal. Namun budaya organisasi sekolah belum didukung oleh kebijakan pendidikan nasional karena kebijakan sistem evaluasi yang kontradiktif dengan visi pendidikan nasional. Penelitian ini merekomendasikan agar Kementrian Pendidikan Nasional untuk lebih visioner dalam sistem pendidikan Indonesia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 306.432 Yak b |
Keywords: | Budaya; Organisasi; Sekolah; Sistem religi; Kekerabatan; Motivasi; Semangat prestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Antropologi Sosial |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 May 2016 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4275 |