Sihombing, Nobat (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar Pada Siswa Kelas X Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153111036 COVER.docx.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
2. NIM 5153111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5153111036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
4. NIM 5153111036 PREFACE .pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
5. NIM 5153111036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
6. NIM 5153111036 TABLE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM 5153111036 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
8. NIM 5153111036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
9. NIM 5153111036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
13. NIM 5153111036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
14. NIM 5153111036 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Gambar Teknik Dasar melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif Tipe Example Non Example. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Desain Permodelan dan Informasi Bangunan yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DPIB SMK Negeri 5 Medan. Pada siklus I yaitu rata-rata 77,05 dengan persentase kelulusan kelas 72,22 % dan pada siklus II meningkat yaitu rata-rata 86,57 dengan persentasi kelulusan kelas 100 %. Diharapkan metode pada penelitian ini dapat menjadi alternatif yang relevan dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran gambar teknik dasar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Metode pembelajaran Koopeartif Tipe Example Non Example, Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 03:00 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42748 |