IRFANY, AINKA (2020) ANALISIS TINGKAT PELAYANAN PERSIMPANGAN UNTUK MENGURANGI TINGKAT KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3163131002 COVER.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
2. NIM. 3163131002 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
3. NIM. 3163131002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
4. NIM. 3163131002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 3163131002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
6. NIM. 3163131002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
7. NIM. 3163131002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 3163131002 DAFTAR ISTILAH.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM. 3163131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
10. NIM. 3163131002 BAB I.pdf - Published Version
Download (877kB) | Preview
15. NIM. 3163131002 BAB VI.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
16. NIM. 3163131002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan persimpangan di Kota Medan serta mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di persimpangan yang ada di Kota Medan pada saat jam-jam sibuk (peak hour).
Penelitian ini dilaksanakan di kota Medan, Adapun yang menjadi populasi adalah simpang empat yang macet dan berada di kota Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah simpang empat bersinyal yang diwakili oleh Simpang Waspada (persimpangan Jalan Pandu dengan Jalan Brigjend Katamso, Jalan Letjen Suprapto dengan Jalan Pemuda) dan persimpangan Jalan Juanda dengan Jalan Brigjend Katamso. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : observasi lapangan, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif, dimana data yang diperoleh dari hasil observasi di lapangan digunakan sebagai bahan yang akan dihitung dengan berpedoman pada Manual Kapasitas
Jalan Indonesia (MKJI) 1997.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tingkat pelayanan
persimpangan di Kota Medan termasuk kedalam tingkat pelayanan D dan tingkat pelayanan E dengan kategori tingkat pelayanan D apabila nilai derajat kejenuhan
sebesar 0,75 – 0,84. Tingkat pelayanan D mengakibatkan kondisi arus lalu lintas tidak stabil dengan volume lalu lintas tinggi. Tingkat pelayanan E apabila nilai derajat kejenuhan 0,85 – 1,00. Tingkat pelayanan E mengakibatkan kemacetan dengan durasi pendek, volume lalu lintas berada pada kapasitasnya, arus tidak stabil, dan kecepatan tiap kendaraan yang sangat rendah. (2) Upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengurangi kemacetan yang terjadi pada persimpangan yang ada di Kota Medan terutama saat jam sibuk (peak hour) adalah pengaturan ulang lama sinyal, adanya rambu dan marka jalan yang lebih konsisten, dan pengendalian terhadap perparkiran pada jalan dengan membangun banyak ruang parkir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE323 Transportation geography. Trade routes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 03:59 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42701 |