Bangun, Arpianta (2020) Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembinaan Karakter Siswa di SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3153311004 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 3153311004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
3. NIM. 3153311004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 3153311004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 3153311004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 3153311004 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 3153311004 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3153311004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 3153311004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM. 3153311004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 3153311004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter siswa di SMP Swasta Amir Hamzah Medan dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembentukan karakter melalui kegiatan kepramukaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ada 8 orang yaitu 1 pembina, 1 guru dan 6 siswa SMP Swasta Amir Hamzah Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Selain itu data lain yang mendukung penelitian ini adalah dari sumber bacaan lainnya seperti, buku, jurnal, peraturan perundang-undangan dan penelitian terdahulu yang memiliki relevansi dengan topik pembaha-san. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peranan kegiatan kepramukaan untuk membentuk karakter siswa yaitu meningkatkan nilai kreatif, mandiri, dan peduli sosial. Faktor penghambat pembentukan karakter melalui kegiatan kepramukaan adalah kemampuan siswa yang bervariasi, kejenuhan dalam melaksanakan kegiatan pramuka dan keadaan cuaca yang tidak memungkinkan. Sedangkan faktor pen-dukung yaitu : Pembina yang professional, tata tertib yang mendukung dan dukungan dari sekolah.Contoh atau keteladanan yang baik kepada siswa seperti sikap, perilaku, ucapan dan tindakan yang layak diteladani serta berpakaian rapi. Semakin baik penerapan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah maka akan semakin baik untuk pembentukan karakter siswa. Siswa diharapkan latihan sesering mungkin agar menjadi pribadi yang lebih baik, bertanggung jawab, kreatif, mandiri, mampu bersosialisasi dan membanggakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PKN-066 |
Keywords: | Kegiatan Kepramukaan dan Karakter |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 09:59 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 09:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42684 |