Peran Guru PPKn Dalam Membina Sikap Demokratis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Bandar Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajara 2018/2019

Samosir, Fery Fadli Amos (2020) Peran Guru PPKn Dalam Membina Sikap Demokratis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Bandar Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun Tahun Pembelajara 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 313111011 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 313111011 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3131111011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3131111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3131111011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3131111011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3131111011 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3131111011 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3131111011 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3131111011 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3131111011 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3131111011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3131111011 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3131111011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 3131111011 LIST OF APPENDIX.pdf]
Preview
Text
8. NIM 3131111011 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 3131111011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 3131111011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3131111011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3131111011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 313111011 BLIBIOGRAPHI.pdf]
Preview
Text
14. NIM 313111011 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru PPKn Dalam Membina Sikap Demokratis Siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Bandar Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan secara langsung kepada objek penelitian, dimana peneliti mengadakan observasi langsung kepada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar. Selanjutnya melakukan penyebaran angket kepada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar yang menjadi sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar yang berjumlah 296 orang siswa, sampel yang diambil adalah sebanyak 10% dari populasi yaitu sebanyak 32 orang siswa, yang diambil secara acak sederhana atau random sampling. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif sederhana dan untuk menganalisis data peneliti menggunakan tabel frekuensi yang diolah dengan menggunakan rumus statistik sederhana (persentase). Dari hasil rata-rata persentase option A yang sebanyak 75% didalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa guru PPKn berperan dalam membina sikap demokratis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar, dimana sikap demokratis sangat penting untuk dibina kepada siswa, sehingga siswa akan memiliki sifat jujur, terbuka, saling menghargai, toleransi, kritis, adil, empati, dan juga cinta damai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2020-PKN-069
Keywords: Peran guru PPKn; membina dan sikap demokratis
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:01
Last Modified: 24 Jun 2021 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42657

Actions (login required)

View Item
View Item